Minggu, 28 Desember 2014

Program Java dengan 2 Class

Listing Program Java 2 Class

Logika Program




Syntax import sendiri digunakan untuk mengimport/memasukan method-method dari class/library yang lain, sehingga method tersebut dapat digunakan pada class yang memanggilnya. import java.util.Scanner; berfungsi untuk mengambil fungsi scanner pada java. Sedangkan import java.io.IOException; Fungsi Exception dalam Java sendiri adalah untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan pada IO.





class Kotak adalah suatu cetakan untuk menciptakan object Kotak. double panjang; double lebar; double tinggi; berarti bahwa double merupakan perintah yang berisi angka bilangan desimal. Maka Panjang, Lebar dan Tinggi harus diinput dengan menggunakan angka (bilangan bulat) dan akan menghasilkan output desimal. System.out.println("Volume Kotak = "+(panjang*lebar*tinggi)); yang artinya akan mengeluarkan cetakan hasil berupa “Volume Kotak” dengan hasil yang berasal dari panjang*lebar*tinggi.
 



Lalu pada baris berikutnya terdapat class Demokotak1 sehingga tersisipkan 2 class pada 1 program java yang berfungsi sama, sebagai pemilik atribut/object.



Setelah itu terdapat public static void main (string[] args) throws Exception{ ). fungsi main dimana public pada bagian ini berarti bahwa metode-metode dapat dipanggil didalam dan juga diluar kelas. static sendiri berarti sama untuk seluruh instant dari kelas dan void sendiri berarti bahwa metode tidak akan mengirim apapun setelah selesainya. Sedangkan throws Exception digunakan pada waktu mendeklarasikan suatu method untuk memberitahu bahwa method yang bersangkutan dapat melempar Eksepsi dengan tipe yang dideklarasikan.



Kotak k = new Kotak(); dan Kotak k2 = new Kotak(); berfungsi untuk membuat alias dari class kotak sendiri. Lalu terdapat Scanner input = new Scanner (System.in); fungsi dari kode ini adalah untuk pendeklarasian variable Scanner. Setelah itu terdapat System.out.print(“Masukkan Panjang : “); System.out.print sendiri berfungsi untuk mencetak perintah di layar, berbeda dengan System.out.println, jika System.out.print dicetak maka posisi kursor akan tepat berada disebelah angka atau karakter yang telah dicetak. Lalu terdapat k.panjang, lebar, tinggi = input.nextInt(); yang berisi k mewakili Kotak, lalu input.nextInt(): dimana perintah tersebut untuk penginputan nilai bebas yang kita inginkan.
 



Setelah itu terdapat System.out.println(“Masukkan Panjang Kedua : “); yang berfungsi sama, untuk mencetak perintah di layar. Lalu terdapat k2.panjang, lebar, tinggi = input.nextInt(); dengan k2 berfungsi untuk mewakili kotak. Dan input.nextInt(); yang juga berfungsi untuk penginputan nilai bebas yang kita inginkan.
 



Lalu terdapat volume = k.panjang*k.lebar*k.tinggi; dimana volume merupakan hasil perkalian panjang*lebar*tinggi dari variabel k (pertama).dan volume2 = k2.panjang*k2.lebar*k2.tinggi; dimana volume2 juga merupakan hasil dari perkalian panjang*lebar*tinggi dari variabel k2 (kedua). Setelah itu terdapat System.out.println(“ “); yang berfungsi untuk mencetak hasil dari volume dan volume2 di layar.



Hasil Output Program 2 Class



1. Compile class Kotak (class pertama) dengan cara mengetik javac Kotak.java





2. Setelah di Compile, lalu coba jalankan dengan DemoKotak1 (class kedua) dengan mengetik java DemoKotak1
 


3. Lalu keluar tempat untuk penginputan nilai, isi secara bebas





4. Setelah itu terdapat tempat penginputan yang kedua, isi secara bebas
 



5. Maka hasilnya akan seperti ini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar