![]() |
Listing Program Java 2 Class |
Logika Program
Syntax import sendiri digunakan untuk
mengimport/memasukan method-method dari class/library yang lain, sehingga
method tersebut dapat digunakan pada class yang memanggilnya. import java.util.Scanner; berfungsi untuk
mengambil fungsi scanner pada java. Sedangkan import java.io.IOException; Fungsi Exception dalam Java sendiri
adalah untuk menyediakan penanganan terhadap error atau kesalahan pada IO.
class Kotak adalah
suatu cetakan untuk menciptakan object Kotak. double panjang; double lebar; double tinggi; berarti bahwa
double merupakan perintah yang berisi angka bilangan desimal. Maka Panjang,
Lebar dan Tinggi harus diinput dengan menggunakan angka (bilangan bulat) dan
akan menghasilkan output desimal. System.out.println("Volume
Kotak = "+(panjang*lebar*tinggi)); yang artinya akan mengeluarkan
cetakan hasil berupa “Volume Kotak” dengan hasil yang berasal dari
panjang*lebar*tinggi.
Lalu pada baris berikutnya
terdapat class Demokotak1 sehingga
tersisipkan 2 class pada 1 program java yang berfungsi sama, sebagai pemilik
atribut/object.
Setelah itu terdapat public static void main (string[] args)
throws Exception{ ). fungsi main
dimana public pada bagian ini berarti bahwa metode-metode dapat dipanggil
didalam dan juga diluar kelas. static
sendiri berarti sama untuk seluruh instant dari kelas dan void sendiri berarti bahwa metode
tidak akan mengirim apapun setelah selesainya. Sedangkan throws Exception digunakan pada
waktu mendeklarasikan suatu method untuk memberitahu bahwa method yang bersangkutan
dapat melempar Eksepsi dengan tipe yang dideklarasikan.
Kotak k = new
Kotak(); dan
Kotak k2 = new Kotak(); berfungsi untuk membuat alias dari class kotak
sendiri. Lalu terdapat Scanner input =
new Scanner (System.in); fungsi dari kode ini adalah untuk
pendeklarasian variable Scanner. Setelah itu terdapat System.out.print(“Masukkan Panjang : “); System.out.print
sendiri berfungsi untuk mencetak perintah di layar, berbeda dengan
System.out.println, jika System.out.print dicetak maka posisi kursor akan tepat
berada disebelah angka atau karakter yang telah dicetak. Lalu terdapat k.panjang, lebar, tinggi = input.nextInt(); yang
berisi k mewakili Kotak, lalu input.nextInt(): dimana perintah tersebut untuk penginputan
nilai bebas yang kita inginkan.
Setelah itu terdapat System.out.println(“Masukkan Panjang Kedua :
“); yang berfungsi sama, untuk mencetak perintah di layar. Lalu
terdapat k2.panjang, lebar, tinggi = input.nextInt(); dengan k2 berfungsi untuk mewakili kotak. Dan input.nextInt(); yang juga berfungsi untuk penginputan nilai
bebas yang kita inginkan.
Lalu terdapat volume = k.panjang*k.lebar*k.tinggi; dimana
volume merupakan hasil perkalian panjang*lebar*tinggi dari variabel k (pertama).dan volume2 = k2.panjang*k2.lebar*k2.tinggi; dimana
volume2 juga merupakan hasil dari perkalian panjang*lebar*tinggi dari variabel k2 (kedua). Setelah itu terdapat System.out.println(“ “); yang
berfungsi untuk mencetak hasil dari volume dan volume2 di layar.
Hasil Output Program 2 Class
1. Compile class Kotak
(class pertama) dengan cara mengetik javac Kotak.java
2. Setelah di Compile, lalu coba
jalankan dengan DemoKotak1 (class kedua) dengan mengetik java DemoKotak1
3. Lalu keluar tempat untuk
penginputan nilai, isi secara bebas
4. Setelah itu terdapat
tempat penginputan yang kedua, isi secara bebas
5. Maka hasilnya akan
seperti ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar